Senin, 15 Oktober 2012

Sejarah Bursa Berjangka di Dunia

  Para ahli sejarah telah menemukan bahwa prinsip dasar perdagangan berjangka (kontract Forward) telah ada sejak tahun 2000SM di Pulau Bahrain, pada jaman Mesopotamia 4000 tahun yang lalu (Kontract Forward) juga pernah ditemukan di sana, di Inggris tahun 1275,Yunani kuno, China, Mesir, Arabia, Belanda, Jepang dan India juga ditemukan perdagangan dengan prinsip yang sama.

  Akan tetapi perdagangan berjangka yang dilakukan secara terstruktur dan memiliki fungsi yang baik baru terjadi sekitar tahun 1800 tepatnya di kota Chicago yang kemudian diberi nama Chicago Board of Trade (CBOT). Pendirian pasar berjangka ini muncul saat para produsen komoditi bersepakat untuk memperkecil resiko dari fluktusi yang terjadi akibat naik turunnya harga pasar.

  Pemasaran komoditi sejenis gandum, jagung, dan kedelai pada saat itu mengalami situasi yang sangat sulit, dimana para produsen sangat dirugikan oleh fluktuasi harga dan mahalnya distribusi produk komoditi mereka, melihat kenyataan itu baik petani maupun produsen membuat kesepakatan untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, dan pada tahun 1848, sekitar 82 pengusaha dari Chicago mendirikan tempat pertemuan yang sekarang dikenal dengan Chicago Board of Trade (CBOT). Tujuan pasar tersebut adalah untuk menukar produk komoditi dipasar spot antara penjual dan pembeli dan membuat kontrak jual di masa yang akan datang yang sekarang kita sebut sebagai Forward Kontract. pada tanggal 13 Maret 1851 merupkan awal Forward Kontract pertama yang tercatat 3000 bushels (1 bushels= 26 liter) jagung untuk pengiriman di bulan juni. Dengan perkembangan bisnis berjangka Forward Kontract ini kemudian berkembang menjadi Future Kontract sampai sekarang.

  Perkembngan Bursa Berjangka juga terjadi di berbagai belahan dunia lainya seperti Eropa, London International Future and Option Exchange (www.liffe.com) dan EUREX (www.eurexchange.com) di Jepang, the Tokyo International Financial Future Exchange (www.tiffe.or.jp) Singapura, the Singapore International Monetary Exchange (www.simex.com.sg) dan the Sydney Future Exchange (www.sfe.com.au).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar